Foex Mart

Forexmart

Thursday, October 22, 2009

Pikirkan Tujuan Anda

Pikirkan Tujuan Anda

Orientasi kepada tujuan adalah kualitas atau cara berpikir kedua yang dipraktikkan oleh para optimistis dan semua orang-orang yang berhasil. Dalam orientasi ke masa depan, anda mengembangkan imaji ideal yang jelas tentang apa yang ingin anda capai suatu saat nanti di masa depan. Dengan orientasi tujuan, anda mengkristalkan imaji itu kedalam tujuan dan sasaran yang spesifik dan terukur, dan rinci yang perlu anda selesaikan untuk mencapai visi ideal di masa depan tersebut.
Orang yang sukses dengan cepat mengembangkan kebiasaan merencanakan strategi pribadi. Mereka duduk dan membuat daftar dari apa yang sebenarnya mereka ingin capai dalam jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Kemudian mereka menggunakan metodologi tujuh bagian yang ampuh untuk menciptakan cetak biru dan rencana tindakan yang mereka ikuti setiap hari.
Sekali anda mengembangkan kebiasaan untuk menyusun tujuan dan membuat rencana yang harus dicapai, hal itu akan menjadi sesuatu yang alamiah bagi anda layaknya anda bernapas. Dengan mengikuti proses penyusunan tujuan yang telah terbukti, anda akan sangat meningkatkan pencapaian tujuan anda sepuluh kali lipat, dengan 1000 persen atau bahkan lebih. Ini bukan sekedar teori; ini telah terbukti dan didemonstrasikan dalam skala nasional.
Pada bulan February 2003, USA Today melaporkan suatu penelitian tentang orang-orang yang telah menyusun Resolusi Tahun Baru setahun sebelumnya. Mereka menemukan bahwa hanya 4% dari orang-orang tersebut yang telah memiliki resolusi Tahun Baru tetapi tidak menuliskanya, mengikuti resolusi tersebut. Tetapi 46% dari orang-orang yang menuliskan resolusi Tahun Baru-nya melaksanakannya. Perbedaan kesuksesan dari kedua kasus ini adalah lebih dari 1100%.



FORMULA TUJUH LANGKAH
UNTUK MENYUSUN TUJUAN

Banyak formula dan resep yang berisi penyusunan tujuan. Sebagai suatu aturan: “Rencana apapun lebih baik dari pada tanpa rencana sama sekali.” Berikut ini adalah salah satu rencana atau formula penyusunan tujuan yang paling efektif yang akan anda pelajari.

LANGKAH PERTAMA
Putuskan dengan pasti apa yang anda inginkan dalam satu bidang spesifik dan tuliskanlah hal itu dengan jelas dan detail. Buatlah hal itu terukur dan spesifik.

LANGKAH KEDUA
Susun batas waktu untuk setiap pencapaian dari tujuan. Jika itu adalah tujuan yang besar, buatlah itu menjadi bagian-bagian kecil dan susun batas waktu untuk setiap bagian.



LANGKAH KETIGA
Buatlah daftar dari segala sesuatu yang seharusnya anda lakukan untuk mencapai tujuan ini. Ketika anda terpikir akan item baru, tambahkan item tersebut kedalam daftar Anda hingga lengkap.

LANGKAH KEEMPAT
Aturlah langkah-langkah dalam daftar tindakan Anda ke dalam suatu rencana. Rencana diatur berdasarkan dua elemen, prioritas dan urutan.
Dalam mengatur berdasarkan prioritas, Anda tentukan hal yang paling penting dalam daftar Anda yang mungkin dapat dilakukan untuk mencapai tujuan Anda. Aturan 80/20 menerapkan: 20% dari segala sesuatu yang Anda lakukan akan mempengaruhi 80% dari hasil Anda. Jika Anda tidak menyusun prioritas yang jelas, Anda akan “menguasai hal-hal kecil” dan banyak menghabiskan waktu Anda untuk melakukan tugas-tugas kecil dan tidak berkaitan yang tidak membantu Anda dalam mencapai tujuan.
Dalam organisasi, Anda menetukan apa yang harus dilakukan sebelum hal lain dilakukan. Selalu ada aktivitas dengan leluasa dapat Anda lakukan. Apapun yang anda lakukan, lakukanlah mana yang masuk akal.

No comments:

Post a Comment

PayPal

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.